fbpx
Tumor mulut

Waspadai Makanan Penyebab Kanker Mulut

kanker mulut
kanker mulut

Pada setiap manusia pasti memiliki sel kanker, akan tetapi berbeda pada setiap individunya. Berkembangnya sel kanker sendiri dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yakni makanan penyebab kanker mulut.

Kanker masih menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia, bahkan menurut penelitian 40.000 orang terkena kanker setiap tahunnya dan merenggut sekitar 8.000 jiwa orang. Kanker sendiri ada banyak jenisnya, mulai dari kanker bagian organ dalam tubuh hingga kanker pada permukaan kulit.

Apa Itu Kanker Mulut

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel – sel abnormal dalam jaringan yang tidak terkendali, sehingga menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh. Kanker memiliki gejala awal yang cukup sulit untuk dirasakan, sehingga kebanyakan orang sudah terlambat ketika memeriksakannya.

Kanker mulut sendiri adalah salah satu jenis kanker yang menyerang sel – sel dalam jaringan mulut, biasanya kanker mulut sering di salah artikan sebagai sariawan biasa. Pada awal pertumbuhannya kanker mulut memang terlihat seperti sariawan, akan tetapi benjolan atau luka yang ada tidak kian membaik seiring berjalannya waktu.

Selain itu terdapat seperti lapisan keras yang berada pada sekitar benjolan dan berwarna merah ataupun putih. Menjaga kesehatan mulut dan gigi bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah sel kanker agar tidak berkembang. Menggosok gigi secara rutin setiap hari dan juga memeriksa kesehatannya setiap enam bulan sekali.

Faktor dan Penyebab Kanker

Setiap kanker yang ada memiliki faktor dan juga penyebab yang berbeda – beda pula, namun yang perlu Anda perhatikan adalah pola makan dan juga kebiasaan sehari – hari. Berikut ini beberapa faktor yang diduga beresiko menyebabkan penyakit kanker.

  • Memiliki riwayat
  • Berusia di atas 65 tahun
  • Terpapar radiasi, zat kimia ataupun sinar matahari dalam waktu yang lama
  • Terinveksi virus
  • Terpapar hormon dalam kadar tinggi dan dalam jangka waktu yang lama
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh

Selain faktor penyebab, gejala yang ditimbulkan penyakit kanker juga berbeda – beda, tergantung pada bagian mana sel kanker itu tumbuh. Berikut ini beberapa gejala yang sering dialami oleh penderita penyakit kanker.

  • Munculnya benjolan
  • Timbul nyeri yang tidak kunjung hilang
  • Pucat, lemas dan mudah letih
  • Penurunan berat badan secara signifikan
  • Gangguan saluran pembuangan
  • Batuk kronis
  • Demam yang tidak kunjung mereda
  • Muncul memar dan mengalami pendarahan

Kurangi Makanan Penyebab Kanker Mulut

Meskipun banyak faktor yang memicu tumbuhnya sel kanker mulut, akan tetapi makanan juga bisa menjadi salah satu pemicunya. Berikut ini beberapa jenis makanan penyebab kanker mulut yang perlu Anda ketahui.

  • Daging Merah

Daging merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik untuk tubuh, akan tetapi mengonsumsinya terlalu banyak atau berlebihan juga tidak baik. Daging merah sendiri bisa berupa daging sapi, daging kambing, ataupun daging – daging hewan lainnya yang memiliki warna dominan merah.

daging merah

Selain mineral dan protein yang baik bagi tubuh, kadar kolesterol dan lemak jenuh yang di kandung pada daging merah juga tinggi. Kelebihan kandungan tersebut lah yang akan mempengaruhi  dan juga memicu perubahan sifat pada sel genetik.

Selain daging merah segar, mengonsumsi produk olahannya pun harus sangat diperhatikan. Daging olahan ini sendiri menurut penelitian mengandung zat karsinogenik, yang mana dapat merusak sel – sel normal dan mempengaruhi gen di dalam tubuh dan kemudian berubah menjadi sel kanker baik itu kanker mulut ataupun kanker gusi.

Jumlah konsumsi daging merah ataupun olahnya adalah 70 gram per hari saja, agar tubuh tetap dapat mengonsumsi mineral dan protein namun sistem imun dalam tubuh dapat menghalau zat berbahaya masuk.

  • Makanan dan Minuman Instan

Makanan instan memanglah sangat enak, dan tidak membutuhkan waktu yang lama hingga siap dihidangkan. Namun tahukah Anda, menurut banyak penelitian makanan dan minuman kaleng mengandung senyawa akrilamida yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker.

makanan instan

Senyawa berbahaya ini terbentuk ketika terjadi pemanasan berlebih pada makanan yang mengandung karbohidrat dan juga gula. Selain itu makanan maupun minuman instan juga sering mengandung berbagai zat mulai dari pemanis buatan hingga bahan pengawet.

Pemanis buatan sendiri cukup berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, bahkan menurut penelitian zat pemanis buatan pada hewan dapat memicu sel kanker pada kandung kemih.

Selain pemanis buatan, ada juga bahan pengawet yang digunakan tentunya dalam upaya agar makanan ataupun minuman mampu bertahan lama. Kelebihan kandungan zat pengawet pada tubuh tentunya juga bisa memicu tumbuhnya sel kanker.

  • Minuman Beralkohol

Minuman keras atau minuman beralkohol selain dapat menyebabkan mabuk ternyata juga mampu memicu tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Menurut beberapa kepercayaan sendiri, memanglah minuman jenis ini sangat dilarang.

minuman beralkohol

Tentu saja hal tersebut tidak lepas dari apa yang di dapatkan ketika telalu banyak mengonsumsinya, namun di sebagian belahan dunia memanglah tujuan dari mengonsumsi minuman keras untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Asetaldehid merupakan zat dalam minuman alkohol yang dapat merusak DNA dan juga protein seluler. Zat asetaldehid ini didapatkan dari hasil pemecahan senyawa etanol yang terkandung pada alkohol

Alkohol juga memiliki sifat radikal bebas yang mana dapat memicunya proses oksidasi, yang mana merupakan reaksi kimia yang menyebabkan kerusakan pada protein, DNA, serta lemak di dalam tubuh. Selain itu minuman beralkohol juga mengganggu dalam proses penyerapan nutrisi dan vitamin yang berperan sebagai pencegah kanker.

Mencegah Kanker mulut

Sejatinya mencegah lebih baik ketimbang mengobati, meskipun upaya pencegahan ini terkadang dirasa cukup merepotkan namun tentunya memiliki banyak manfaat ketimbang mengobati.

Setelah beberapa makanan peyebab kanker mulut, berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya kanker mulut.

  • Jaga Kebersihan Mulut

Hal pertama tentu adalah dengan selalu menjaga kebersihan mulut, dan juga gigi. Dengan mulut dan gigi yang sehat tentunya dapat meminimalisir terjadinya kanker mulut. Secara rutin setiap hari menggosok gigi dan enam bulan sekali memeriksa kesehatan mulut ke dokter.

  • Hilangkan Kebiasaan Merokok

Dalam rokok sendiri memiliki banyak kandungan kimia yang sangat tidak baik untuk tubuh, menumpuknya zat – zat tersebut dapat menyebabkan gangguan pada jantung, paru – paru bahkan hingga kanker mulut.

  • Jaga Pola Makan

Memiliki tubuh yang sehat hingga tua tentulah sangat di idam – idamkan oleh banyak orang, namun terkadang pola makan yang buruk menjadikan hal tersebut sukar dicapai. Perbanyak konsumsi buah dan juga sayur – sayuran segar, dengan cara ini tubuh tetap mendapatkan vitamin maupun protein yang dibutuhkan.

Tidak ada seorangpun di dunia ini yang menginginkan sakit, namun pasti semua orang pernah atau bahkan sedang mengalami sakit baik itu ringan maupun sakit berat sekalipun. Menjaga tubuh mulai dari konsumsi, jam tidur hingga rutin berolahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat hingga tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *