fbpx
Tumor mulut

Perbedaan Sariawan dan Kanker Mulut

perbedaan sariawan kanker lidah
perbedaan sariawan kanker lidah

Sariawan merupakan salah satu penyakit yang sering timbul, baik karena salah makan atau bibir yang tergigit sekalipun. Penyakit yang satu ini bisa sembuh hanya dalam hitungan hari, namun apabila sudah lebih dari satu minggu belum menghilang maka Anda perlu mengetahui apa itu perbedaan sariawan dan kanker mulut.

perbedaan sariawan kanker lidah
sariawan
perbedaan sariawan kanker lidah
kanker lidah

Sariawan memang cukup mengganggu kegiatan Anda, terlebih lagi ketika hendak memakan makanan favorit. Penyakit yang satu ini juga mengganggu penampilan anda, karena benjolan yang ada pada sekitar bibir, lidah ataupun bagian dalam pipi.

Kanker mulut merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, karena dapat mengganggu saraf yang ada pada sekitar mulut dan bahkan juga bisa menyebabkan kematian. Orang terkadang salah mengartikan kanker mulut sebagai sariawan, sehingga membiarkannya alih – alih sembuh malah dapat mengancam jiwa Anda.

Penyebab Sariawan

Sariawan sendiri bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Penyakit yang biasanya pada bagian bibir, bagian dalam pipi, lidah dan juga permukaan gusi ini terjadi akibat luka dan juga kondisi mulut yang kurang sehat.

  • Luka

Hal yang paling sering terjadi karena luka yang disebabkan baik itu disengaja ataupun tidak, sehingga menimbulkan infeksi yang semakin lama membengkak.

  • Kurangnya Vitamin

Kurangnya kadar zat besi atau vitamin B12 dan juga melemahnya sistem imun dalam tubuh juga bisa menyebabkan terjadinya sariawan. Dengan imun tubuh yang terjaga infeksi karena luka gigitan akan semakin minim, sehingga resiko timbulnya sariawan juga semakin kecil.

  • Efek Samping Obat

Obat yang dikonsumsi terkadang menimbulkan beberapa efek samping, salah satunya bagi sebagian orang adalah munculnya sariawan, baik pada bibir, rongga dalam pipi, ataupun gusi.

  • Perubahan Hormon

Sariawan sendiri lebih banyak menyerang kaum wanita terutama yang sudah mengalami haid atau menstruasi. Pada periode menstruasi ini wanita akan mengalami perubahan hormon, sehingga kerap kali luka kecilpun akan berubah menjadi sariawan yang mengganggu.

Sariawan sendiri bisa sembuh secara alami dalam hitungan hari, namun ada baiknya Anda tetap menjaga pola makan dan juga pasta gigi yang digunakan. Makanan berminyak dan pedas tentunya akan menyebabkan sariawan tidak kunjung sembuh, karena luka yang ada mengalami iritasi. Selain itu pasta gigi yang Anda gunakan juga harus diperhatikan, bahan – bahan yang dikandung haruslah bebas dari zat yang menimbulkan iritasi.

Kanker Mulut dan Perbedaannya Dengan Sariawan

perbedaan sariawan kanker lidah
perbedaan sariawan kanker lidah

Kanker mulut tentunya sangat berbahaya selayaknya penyakit kanker pada umumnya, salin meyebabkan komplikasi penyakit yang satu ini juga bisa merenggut nyawa. Memanglah gejala awal yang timbul menyerupai sariawan namun dengan jangka waktu yang lebih lama, maka dari itu Anda harus mengetahui perbedaan sariawan dan kanker mulut.

National Cancer Institute menyebutkan setiap tahunnya ada sekitar 40.000 kasus kanker mulut, dan bahkan lebih dari 8.000 kasus yang menyebabkan kematian di seluruh dunia. Dengan gejala yang lebih menyerupai sariawan biasa kebanyakan orang tidak ambil pusing dengan kanker mulut, namun ternyata akibat yang ditimbulkannya sangatlah besar dan jauh ketimbang sebuah sariawan biasa.

  • Seberapa Lama Terjadinya Sariawan

Pada penyakit sariawan biasanya terjadi sekitar hitungan hari, namun apabila sudah lebih dari dua minggu, dan sariawan tidak kunjung sembuh Anda perlu sesegera mungkin memeriksakannya. Penderita sariawan selama masanya tidak akan mengalami demam, melainkan hanya rasa nyeri akibat luka yang ada itupun hanya terjadi pada sariawan terparah, berkebalikan dengan kanker mulut.

  • Munculnya Bercak Putih dan Merah

Sariawan biasa memiliki bercak merah pada benjolannya, namun bila sudah lebih dari dua minggu bercak merah maupun putih yang ada tidak kunjung menghilang, Anda perlu memeriksakannya ke dokter.

leukoplakia
leukoplakia
leukoplakia
leukoplakia

Eritroplakia merupakan bercak merah atau putih yang menyerupai beludru, timbulnya ha tersebut juga bisa diwaspadai sebagai gejala kanker mulut. Bahkan sesuai penelitian yang ada 75% hingga 90% kemunculan bercak ini bisa diartikan sebagai gejala awal kanker mulut, jadi anda jangan pernah ragu untuk memeriksakannya.

  • Rasa Sakit

Pada sariawan biasa akan menyebabkan rasa nyeri serta perih ketika tergores ataupun sekedar tersentuh. Rasa sakit tersebut lumlrah karena memang sariawan merupakan infeksi yang disebabkan oleh luka goresan, namun apabila benjolan yang ada tidak menimbulkan rasa sakit Anda harus secepatnya periksa ke dokter.

Kanker mulut sendiri berukuran lebih besar sekitar 1 cm ketimbang sariawan biasa, akan tetapi tidak menimbulkan rasa sakit atau rasa yang tidak signifikan seperti sariawan.

Selain rasa sakit yang tidak seperti sariawan, Anda juga bisa mencoba meraba di sekitar area luka. Apabila terdapat jaringan yang cukup keras di sekitar luka, maka bisa disimpulkan merupakan pertanda adanya kanker mulut.

Gejala Kanker Mulut

Kebanyakan orang merasa tidak curiga atau bahkan tidak memperhatikan gejala – gejala yang kerap muncul, karena mereka merasa hanya sebuah penyakit sariawan biasa. Berikut ini beberapa gejala yang timbul akibat kanker mulut.

  • Sariawan yang tidak kunjung sembuh.
  • Sariawan yang disertai dengan pendarahan.
  • Munculnya bercak merah atau putih di dalam mulut.
  • Benjolan atau penebalan di dinding dalam mulut yang semakin lama semakin tebal dan tidak kunjung hilang.
  • Gigi goyang bahkan hingga copot tanpa penyebab yang jelas.
  • Rasa sakit di dalam mulut.
  • Rahang terasa kaku bahkan sakit.
  • Sakit tenggorokan.
  • Perubahan suara ataupun kesulitan dalam berbicara.

Kanker mulut yang tidak segera diatasi juga akan mulai merambah keluar area dalam mulut, dan seringnya timbul benjolan disekitar leher akibat pembengkakan kelenjar getah bening.

Faktor Penyebab Kanker Mulut

Sel kanker sendiri sejatinya sudah ada di dalam setiap tubuh manusia, akan tetapi berbeda – beda tergantung individunya. Pola makan dan keseharian yang tidak dikontrol dapat memicu sel kanker di dalam tubuh menjadi aktif.

Kanker mulut sendiri terjadi akibat pertumbuhan jaringan abnormal di dalam mulut, yang disebabkan oleh perubahan atau mutasi genetik pada sel di jaringan tersebut. Merokok sendiri merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat memacu aktifnya sel kanker, selain kanker mulut banyak sekali penyakit yang di sebabkan oleh kebiasaan buruk tersebut.

Mengonsumsi buah dan sayuran sejatinya sangat baik bagi tubuh, karena zat yang di kandungnya sangat berguna dan juga dibutuhkan untuk tubuh itu sendiri. Selain menjaga makanan dan kebiasaan, membersihkan gigi setiap hari juga sangat penting.

Karena gigi yang tidak sehat bahkan hingga berlubang dapat menyebabkan bakteri – bakteri jahat yang dapat menyebabkan kanker mulut. Setidaknya biasakan untuk selalu menggosok gigi secara rutin setiap hari, agar gigi dan juga rongga mulut senantiasa sehat, dengan begitu resiko penyakit mulut dan bahkan kanker mulut akan terhindari.

Perbedaan sariawan dan kanker mulut memanglah sangat jarang orang yang mengetahuinya, sehingga dengan adanya tulisan ini, semoga para pembaca senantiasa lebih berhati – hati dan juga menjaga kesehatan mulut Anda.

 

One Reply to “Perbedaan Sariawan dan Kanker Mulut”

  1. Iin sukinah 2 tahun ago

    Terimakasih banyak Dok, atas penjelasannya yang detail. Tahu banyak hal yang berhubungan dengan mulut dan seisinya. Tadinya mau tau soal impaksi. Semoga bisa segera Konsul secara langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *