fbpx
gigi impaksi Operasi Gigi operasi gigi bungsu

Perawatan Gigi Impaksi Sebagai Syarat Test Kesehatan TNI Polri

Untuk bisa menjadi seorang anggota TNI ataupun Polri, Anda harus memiliki kemampuan fisik yang baik, kecerdasan, dan tentunya juga harus memiliki akhlak yang baik. Adapun para calon akan di test sedemikian rupa apakah memenuhi syarat atau tidak, melakukan perawatan gigi impaksi sebagai syarat test kesehatan TNI Polri juga harus dijalani, agar peluang Anda lolos semakin besar.

Semua test yang diberikan kepada calon anggota baik TNI maupun Polri guna menyaring orang – orang yang memang layak, baik secara jasmani maupun rohani. Bertugas sebagai garda terdepan pertahanan tentu bukanlah sebuah pekerjaan yang main – main, karena mempertaruhkan harga dan martabat dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apa Itu Impaksi Gigi

Impaksi gigi merupakan sebutan atau nama untuk gigi yang bermasalah, biasanya impaksi gigi terjadi pada gigi geraham atau gigi bungsu. Gigi bungsu sendiri mulai tumbuh pada usia remaja yakni sekitar 17 hingga 24 tahun.

Tentunya pada usia remaja tersebut gigi manusia sudah tumbuh sepenuhnya, sehingga gigi bungsu yang baru tumbuh itu akan mengganggu gigi lainnya yang sudah ada. Kasus tumbuhnya gigi geraham biasanya menumpuk, miring kanan atau kiri dan bahkan tumbuh di sela – sela gigi yang sudah ada.

Pertumbuhan gigi geraham inilah yang dinamakan impaksi gigi, meskipun lebih orang yang mengalami impaksi gigi geraham namun tidak sedikit juga yang gigi gerahamnya tumbuh dengan baik.

Seorang yang mengalami impaksi gigi kebanyakan akan mengalami nyeri pada masa pertumbuhannya, karena memang gigi geraham tersebut mengganggu gigi lainnya. Kompres dengan es dan kain lap bersih mungkin bisa menjadi solusi sementara untuk mengatasi nyeri yang ada.

Namun apabila kondisi impaksi gigi geraham yang tumbuh sudah membahayakan Anda bisa langsung berkonsultasi kepada dokter. Meskipun kerap dianggap sepele sejatinya impaksi gigi cukup membahayakan, karena bisa memicu penyakit gigi lainnya.

Tips Sukses Menghadapi Test Kesehatan Gigi dan Mulut

Bagi Anda yang berminat mengikuti test kesehatan guna menjadi anggota TNI atau Polri, mungin tips maupun perawatan gigi impaksi sebagai syarat test kesehatan TNI Polri berikut dapat membantu.

  • Gigi Berlubang Atau Patah

Untuk dapat lolos saat test kesehatan, para calon anggota diharuskan tidak memiliki gigi berlubang atau patah sekalipun. Gigi yang patah atau berlubang bisa Anda tambal atau bahkan ganti menggunakan gigi palsu, guna memenuhi standar kesehatan yang telah ditetapkan oleh pihak TNI maupun Polri.

Selain itu sebagai syarat calon anggota juga harus tidak memiliki impaksi pada gigi bungsu, apabila Anda memilikinya segeralah berkonsultasi guna mencabutnya ataupun mendapatkan perawatan guna memenuhi standar menjadi anggota TNI Polri.

  • Kondisi Mulut dan Gigi Sehat

Selain kondisi gigi yang harus sehat dan utuh, seorang calon TNI dan Polri juga harus memiliki kondisi mulut yang sehat. Sebaiknya sebelum mengikuti test kesehatan, Anda kurangi makanan pedas dan juga berminyak guna mengurangi resiko sariawan ataupun masalah pada mulut lainnya.

Gigi yang berkerak ataupun memiliki karang juga sangat tidak dianjurkan, sehingga apa bila Anda memiliki kondisi tersebut sesegeralah kunjungi dokter gigi untuk mengatasinya. Karang gigi sendiri biasa muncul apabila Anda kebanyakan mengonsumsi baik itu kopi, teh ataupun merokok, sehingga lebih baik menguranginya mulai dari sekarang.

  • Bentuk Rahang Tepat

Selain dinilai dari segi kesehatan gigi dan mulut, untuk menjadi seorang anggota TNI dan Polri juga akan dilihat dari bentuk mulut dan juga rahang. Bentuk mulut dan rahang disini meliputi rahang yang dapat membuka dan menutup sempurna tanpa kelainan, bentuk, ukuran serta tidak adanya kelainan pada bibir.

Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut

Untuk mendapatkan gigi yang baik dan sehat guna mengikuti test masuk anggota TNI Pori tentunya tidak bisa didapatkan secara instan. Lebih baik jauh – jauh hari mempersiapkan hal tersebut agar waktu seleksi dimulai Anda sudah siap tanpa khawatir akan kesehatan mulut dan gigi Anda lagi.

Untuk mempersiapkannya bisa jauh – jauh hari yakni sekitar 1 tahun-3 bulan sebelum Anda mengikuti seleksi masuk anggota TNI Polri. Perawatan gigi yang bermasalah memang membutuhkan waktu yang cukup lama, contoh saja untuk sekedar merapihkan gigi butuh waktu setahun lebih begitu juga gigi palsu yang tidak sekali pasang selesai.

Untuk melakukan pemeriksaan, Anda bisa coba kunjungi dokter gigi ataupun kunjungi rumah sakit. Beritahukan maksud kedatangan Anda hendak mengikuti seleksi anggota TNI Polri, maka dokter akan memeriksa secara menyeluruh baik kondisi mulut hingga gigi Anda.

Perawatan Impaksi Gigi Bungsu

Tentunya seleksi masuk TNI Polri akan dilakukan saat Anda mulai remaja, waktu itu pula gigi bungsu atau geraham mulai tumbuh. Gigi geraham yang tumbuh biasanya akan mengalami kesulitan, karena gigi lainnya yang sudah ada. Tumbuh kekiri kekanan atau bahkan pada sela – sela gigi lainnya merupakan hal yang normal, bahkan kebanyakan orang juga mengalaminya.

Pada saat gigi geraham tumbuh dengan posisi yang tidak tepat ini, Anda akan merasakan rasa nyeri sehingga solusinya bisa dengan kompres menggunakan es dan kain lap bersih atau bahkan melakukan operasi guna mencabut impaksi gigi geraham.

Untuk itu ada baiknya ketika dirasa gigi geraham akan tumbuh, segeralah kunjungi dokter untuk berkonsultasi guna penanganan yang tepat. Apabila kondisi tumbuh yang tidak baik maka dokter akan merekomendasikan untuk segera dilakukan operasi.

Memang besar kemungkinan terjadinya impaksi gigi geraham, akan tetapi tidak sedikit juga orang memiliki gigi geraham normal, sehingga tidak memerlukan perawatan apapun. Impkasi gigi geraham ini tentunya sangat mempengaruhi nilai ketika Anda melakukan test kesehatan guna menjadi anggota TNI Polri.

Selain memberikan rasa sakit yang kerap muncul, impaksi gigi juga bisa menimbulkan berbagai macam permasalahan baik pada gigi maupun mulut. Mulai dari infeksi gigi, sariawan yang kerap muncul hingga penyakit mematikan lainnya.

Maka dari itu setiap calon anggota sangat ditekankan agar tidak memiliki impaksi gigi, karena bisa mengganggu kegiatan sehari – hari mereka dan tentunya membahayakan diri mereka sendiri. Melakukan operasi pencabutan gigi merupakan jalan yang paling tepat untuk mengatasi impaksi gigi geraham.

Menjadi seorang anggota TNI ataupun Polri pastilah sangat diidam – idamkan oleh banyak orang, selain masa tua yang terjamin juga bisa membanggakan keluarga. Tentunya menjadi seorang anggota tidak mudah, oleh karena itu berlatihlah dan selalu hidup sehat sejak usia dini. Itulah sedikit pembahasan kali ini mengenai perawatan gigi impaksi sebagai syarat test kesehatan TNI Polri, semoga dapat membantu bagi Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *