fbpx
Cabut Gigi gigi bungsu gigi impaksi implan gigi Operasi Gigi operasi gigi bungsu Tumor mulut

Perawatan Cabut Gigi Selama Pandemi

Pada masa pandemi seperti saat ini semua kegiatan sangat terbatas tidak terkecuali pada bidang kesehatan. Perawatan cabut gigi selama pandemi juga harus sangat menjaga protokol kesehatan yang ada, guna mengurangi penyebaran virus yang sedang menjadi polemik di Indonesia dan bahkan negara – negara di berbagai penjuru dunia.

Sakit gigi tentunya menjadi suatu permasalahan yang tidak kunjung mereda di masyarakat, tidak memandang usia maupun golongan. Sakit gigi sendiri umumnya terjadi pada seseorang yang kurang menjaga kesehatan mulut maupun gigi, sehingga gigi berlubang dan kemudian mengakibatkan rasa nyeri yang kerap muncul.

Untuk gigi berlubang yang sudah parah tentunya harus segera dilakukan penanganan, baik melakukan penambalan atau bahkan mencabutnya. Kebanyakan orang enggan untuk mencabut giginya karena takut akan rasa sakit yang ditimbulkan atau bahkan berpikiran bisa sembuh atau copot sendiri nantinya.

Semakin berkembangnya dunia medis tentunya cabut gigi sudah bukan suatu hal yang perlu Anda takutkan lagi, dengan peralatan dan cara cabut gigi yang ampuh, rasa sakit sudah tidak akan menghantui Anda yang hendak mencabut gigi.

Prosedur Cabut Gigi Selama Masa Pandemi

Baik pasien maupun dokter tentunya harus memperhatikan protokol kesehatan yang sudah diatur, demi mengurangi dampak penyebaran virus selama masa pandemi seperti saat ini. Penularan virus covid 19 melalui aerosol manusia, baik itu air liur yang keluar saat batuk atau bersin sekalipun.

PB PDGI atau Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia telah menghimbau bagi seluruh dokter gigi baik di rumah sakit ataupun klinik harus melakukan beberapa protokol kesehatan, baik terhadap pasiennya maupun setiap karyawan yang ada. Sehingga praktek perawatan cabut gigi selama pandemi masih bisa dijalankan sebagaimana mestinya. Berikut ini beberapa protokol kesehatan yang harus dijalani dan dipatuhi selama masa pandemi.

  • Melakukan skrining terhadap semua pasien yang datang sesuai dengan prosedur
  • Cuci tangan dengan hand sanitizer berkadar alkohol 70% dan bilas menggunakan air mengalir
  • Selalu gunakan masker baik saat batuk maupun sehat sekalipun
  • Setiap pasien yang akan diperiksa giginya harus berkumur menggunakan hidrogen peroksida 0.5 hingga 1% selama 60 detik atau providone iodine 1% 15 hingga 60 detik sebelum melakukan perawatan
  • Dokter ataupun perawat yang hendak melakukan pemeriksaan harus menggunakan APD lengkap
  • Secara teratur melakukan pembersihan alat kedokteran gigi menggunakan natrium hipoklorit 5% dengan perbandingan 1:100 selama setidaknya satu menit. Dan juga untuk seluruh alat ataupun benda bersihkan menggunakan etanol 70%
  • Bersihkan seluruh lingkungan dan tentunya sampa ke ruangan praktek menggunakan cairan diinfektan serta bersihkan lantai dengan cairan benzalkonium klorida 2%

Adapun pasien maupun dokter yang diperbolehkan harus selalu memenuhi syarat, berikut pasien maupun dokter yang diperbolehkan melakukan pelayanan maupun berobat pada masa pandemi virus Covid 19.

  • Pasien yang diperbolehkan berobat

Yang pertama adalah pasien yang mengalami nyeri pada gigi yang sudah tidak tertahan, gigi copot mendadak, nyeri akibat gigi bungsu yang tumbuh, dan kondisi lainya. Pasien harus dalam keadaan sehat, baik itu tidak deman, flu atau batuk sekalipun. Tentunya hal ini untuk membuat semua orang baik itu dokter, karyawan ataupun pasien itu sendiri merasa lebih aman.

  • Dokter yang diperbolehkan praktek

Selain itu dokter juga diwajibkan menggunakan APD atau Alat Pelindung Diri dan juga tentunya selalu menjaga jarak dengan pasien. Semua itu bertujuan demi kepentingan bersama selama masa pandemi virus Covid 19, tentunya untuk menutup mata rantai penyebarannya.

Tips Menjaga Gigi Agar Tetap Sehat Selama Pandemi

Menjaga kesehatan gigi Anda selama masa pandemi seperti saat ini tentunya akan memiliki banyak sekali hal positif, selain kesehatan gigi tetap terjaga Anda juga tidak perlu keluar rumah guna memeriksakan gigi yang bermasalah. Berikut ini ada beberapa tips menjaga gigi agar tetap sehat di kala pandemi.

  1. Makanan dan Minuman

Tentu saja makanan merupakan salah satu yang berperan penting untuk menjaga kesehatan gigi Anda selain rajin gosok gigi tentunya. Mungkin pada masa pandemi seperti saat ini Anda akan lebih sering di rumah, dan ngemil merupakan salah satu penghilang kebosanan.

Ngemil secara berlebihan akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan gigi Anda, karena tepung yang terkandung dalam cemilan akan meninggalkan asam pada mulut maupun gigi. Kadar asam dalam jangka waktu lama dan jumlah yang tinggi akan melarutkan permukaan gigi, sehingga lama kelamaan gigi Anda akan berlubang.

Selain itu minuman yang kadar karbohidrat non serat juga akan menimbulkan plak yang menumpuk pada gigi dan tentunya sangat tidak disarankan. Lebih baik coba beralih ke cemilan sehat, seperti buah ataupun cemilan buatan sendiri sehingga lebih bisa menjaga kandungan yang ada didalamnya.

  1. Jaga Kebersihan Mulut

Biasakan gosok gigi setiap hari, bahkan seusai menyantap makanan. Menggosok gigi dinilai paling ampuh untuk menjaga kesehatan mulut maupun gigi, karena dengan menggosok gigi mampu penghilangkan plak ataupun sisa – sisa makanan yang terselip pada gigi.

Meskipun terlihat sangat sederhana namun sisa makanan yang tertinggal dapat menimbulkan berbagai macam masalah, mulai dari karang gigi, gigi berlobang hingga penyakit gigi lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *