fbpx
gigi bungsu operasi gigi bungsu

Pemulihan Pasca Operasi Impaksi Gigi Bungsu

Operasi impaksi gigi merupakan sebuah operasi yang dilakukan guna mencabut gigi bungsu yang bermasalah. Meskipun operasi impaksi gigi berjalan lancar namun Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal demi pemulihan pasca operasi impaksi gigi.

Gigi geraham atau gigi bungsu sendiri tumbuh ketika Anda berusia 17 hingga 24 tahun, sehingga terkadang mengganggu gigi yang sudah ada sebelumnya. Pertumbuhan gigi yang tidak sesuai ini akan mengakibatkan timbulnya nyeri yang sangat mengganggu.

gigi bungsu
gigi bungsu

Gigi yang tumbuh terakhir ini berada pada sisi paling belakang dari gigi yang sudah ada, baik itu pada rahang atas maupun rahang bawah. Tidak banyak orang yang memiliki gigi geraham tumbuh dengan sempurna, karena kebanyakan kasus yang ada gigi bungsu tersebut malah mengganggu gigi yang sudah ada.

Gigi geraham yang tumbuh kebanyakan tumbuh menyamping atau bahkan menumpuk pada gigi yang sudah ada. Kesalahan atau ketidak tepatan dalam pertumbuhan gigi tersebutlah yang di sebut dengan impaksi gigi.

Operasi Impaksi Gigi Bungsu

Apabila gigi bungsu yang tumbuh dirasa mengganggu gigi lain sehingga menyebabkan rasa sakit, hendaklah segera untuk berkonsultasi pada dokter. Impaksi atau kesalahan tumbuh pada gigi bungsu ini selain memberikan rasa nyeri juga dapat berimbas buruk di kedepannya, mulai dari infeksi hingga menyebabkan kanker mulut.

Apabila dirasa gigi bungsu harus segera dioperasi maka berikut ini beberapa tahapan dalam operasi impaksi gigi.

  • Pemberian Obat bius

Obat bius sendiri di golongkan kedalam tiga jenis, baik itu bius lokal, bius setengah dan juga bius total. Pemberian obat bius pada operasi impaksi gigi biasanya menggunakan bius lokal, yakni penyuntikan di area gusi sekitar gigi bungsu yang hendak dioperasi.

Bius ini akan menyebabkan mati rasa dan juga kebas pada gusi tersebut, sehingga dalam proses operasi Anda tidak akan merasakan sakit. Kemudian ada bis setengah, yang mana obat bius akan disuntikan melalui lengan pasien.

Bius setengah atau anestesi sedasi ini menyebabkan tubuh bagian atas pasien menjadi mati rasa, dan juga akan mengalami gangguan ingatan selama pasca operasi. Bius yang terakhir adalah operasi gigi bungsu bius total, yang mana diberikan hanya pada kondisi – kodisi tertentu saja.

Anestesi total ini meynebabkan pasien kehilangan kesadaran setelah disuntikannya obat bius tersebut. pada bius total sendiri dokter yang mengoprasi harus memperhatikan monitor yang berisikan tentang kondisi pasien, baik itu detak jantung, kadar darah dan lain sebagainya.

  • Proses Pembedahan

Apabila pasien sudah diberikan obat bius dan sudah tidak merasakan rasa sakit, maka dokter akan mulai melakukan prosedur pembedahan atau dalam bahasa medisnya disebut dengan odontektomi. Dimulai dengan menyayat gusi terdekat dari lokasi gigi yang hendak dicabut, kemudian mengangkat gigi geraham tersebut.

Kemudian setelah berhasil diangkat gusi akan dijahit kembali demi menutup bekas sayatan yang ada. Setelah proses ini tentunya Anda akan mengalami pendarahan, yang mana memang merupakan salah satu efek dari operasi yang dilakukan.

Proses Pemulihan Pasca Operasi Impaksi Gigi

Selain pendarahan, rasa nyeri, mual dan juga sakit kepala merupakan efek yang normal setelah Anda melakukan operasi impaksi gigi. Dokter akan menganjurkan dan juga memberikan beberapa tips agar proses pemulihan pasca operasi impaksi gigi berjalan tanpa masalah.

  • Menggigit Kain Kasa Steril

Untuk mengurangi pendarahan, Anda akan disarankan untuk menggigit kasa steril sekitar 30 hingga 60 menit setiap harinya. Menggigit kasa steril sendiri bisa Anda lakukan beberapa kali dalam beberapa hari, hingga dirasa pendarahan yang ditimbulkan pasca operasi mereda.

  • Mengompres Pipi

Timbulnya rasa nyeri juga dibarengi dengan pembengkakan disekitar area pipi maupun mulut yang dekat dengan lokasi gigi yang dioperasi. Untuk meredakan pembengkakan ini Anda bisa mencoba dengan mengompresnya menggunakan air dingin atau es, yang dibalut dengan kain bersih.

Kompres pada bagian yang bengkak hingga beberapa menit, dengan demikian bengkak yang ada akan lebih mengecil dan juga cukup untuk meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan.

  • Menghindari Menyikat Gigi dan Meludah Berlebih

Menyikat gigi memanglah suatu kegiatan yang sangat baik demi menjaga kesehatan mulut dan juga gigi. Namun apabila Anda baru selesai menjalani operasi impaksi gigi bungsu maka menyikat gigi harus lebih diperhatikan, jangan sampai mengenai lubang bekas gigi yang telah dicabut.

Selain menggosok gigi, Anda juga perlu memperhatikan ketika hendak membuang ludah. Tidak dianjurkan untuk berludah secara berlebih, hal ini karena gumpalan darah yang membeku pada lubang bekas gigi akan ikut terangkat. Gumpalan darah beku ini berfungsi untuk menutupi lubang agar tidak terlihat tulang penyangganya, dan bila terangkat maka akan menimbulkan rasa perih yang teramat menyakitkan.

  • Menjaga Makanan

Selama masa pemulihan, dokter akan melarang beberapa jenis makanan agar proses pemulihan tersebut bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya masalah. Jenis makanan yang dilarang adalah makanan yang memiliki tekstur kering dan juga keras, selain itu makanan pedas dan panas juga sangat dilarang.

Makanan pedas, panas dan juga berminyak sangat mengganggu proses pemulihan bekas operasi, karena dapat membuat iritasi yang mana akan menyebabkan bekas jahitan sukar untuk kering dan sembuh total.

  • Jauhi Rokok dan Minuman Beralkohol

Merokok dan juga meminum minuman beralkohol dapat mempengaruhi pemulihan pasca operasi impaksi gigi. Selain rokok dan minuman keras juga sangat tidak baik bagi kesehatan, sehingga pasien pasca operasi tidak disarankan untuk mengonsumsinya.

  • Batasi Kegiatan Fisik

Kegiatan fisik yang berlebih juga pastinya bisa mempengaruhi penyembuhan pasca operasi yang ada. Luka ataupun bekas jahitan yang ada akan kembali terbuka apabila Anda banyak melakukan kegiatan fisik, sehingga sangat disarankan untuk beristirahat beberapa minggu hingga dirasa bekas jahitan yang ada sudah sembuh dengan sempurna.

Segera Hubungi Dokter

Setelah operasi maupun pada masa pemulihan Anda mungkin akan mengalami beberapa masalah, apabila masalah yang timbul dirasa cukup mengganggun segeralah hungi dokter.

  • Mengalami kesulitan saat menelan
  • Mengalami kesulitan saat bernafas
  • Pendarahan yang tidak kunjungberhenti
  • Demam
  • Rasa nyeri pada bekas operasi yang tidak kunjung hilang
  • Pembengkakan yang kian membesar
  • Muncul rasa yang tidak enak pada mulut
  • Keluarnya nanah dari lubang bekas operasi
  • Rasa kebas atau mati rasa akibat obat bius yang tidak kunjung menghilang
  • Keluarnya pendarahan atau nanah dari lubang hidung

Hal – hal di atas sering muncul apabila pada masa pemulihan pasca operasi kita tidak menghiraukan anjuran dokter, sehingga bukanya cepat sembuh malah masalah – masalah lainnya yang muncul. Sesegeralah melaporkan apabila ada permasalahan yang timbul, sehingga permasalahan terebut dapat diatasi dengan tepat dan cepat.

Itulah pembahasan kami kali ini seputar pemulihan pasca operasi impaksi gigi, semoga dengan pembahasan kami ini dapat membantu Anda yang sedang dalam proses pemulihan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *