fbpx
operasi gigi bungsu

Impaksi gigi adalah suatu keadaan dimana benih gigi atau calon gigi yang akan tumbuh terhalang jalan pertumbuhannya hingga mengakibatkan gigi tidak dapat keluar atau tumbuh secara normal. Pada kasus impaksi gigi geraham biasanya dapat mengganggu pengunyahan. Untuk menangani masalah ini dokter bedah mulut melakukan pekerjaan pencabutan dengan pembedahan yang biasa di sebut dengan odontektomi atau pada umumnya disebut dengan operasi gigi bungsu. Odontektomi sendiri pada umumnya bisa dikerjakan dengan suntik lokal ataupun dengan bius umum di ruang operasi tergantung tingkat kesulitan kasus. Impaksi gigi biasanya terjadi sekitar 20% dari total populasi. Pria lebih sering mengalaminya daripada wanita.

Pencabutan gigi bungsu melalui operasi ini seharusnya tidak perlu dilakukan jika gigi tersebut dalam kondisi sehat, telah erupsi secara sempurna dan posisi tumbuhnya benar serta sesuai dengan gigi di sampingnya.Namun, terkadang gigi bungsu mengalami impaksi (tidak erupsi atau tumbuh dengan benar) sehingga menyebabkan masalah pada gigi dan gusi di sekitarnya. Sisa makanan dan bakteri mudah terperangkap pada area di sekitar gigi bungsu yang kemudian menyebabkan plak. Plak inilah yang sering menjadi penyebab munculnya beberapa masalah yang mengharuskan gigi bungsu dicabut.

Gigi geraham bungsu/ gigi impaksi yang tumbuh tidak sempurna

Dalam kondisi demikian dokter gigi umumnya akan menyarankan untuk dilakukan pencabutan dengan pembedahan gigi yang disebut odontektomi atau operasi gigi bungsu. Prosedur odontektomi ini dilakukan oleh ahli bedah mulut profesional (dokter gigi spesialis bedah mulut dan maksilofasial) dengan peralatan yang memadai. sebelum operasi gigi bungsu/odontectomi, akan dilakukan pengambilan rontgen gigi (ronsen panoramic/OPG) untuk mengetahui letak dan kondisi gigi secara lebih jelas. operasi odontektomi berlangsung selama 30 menit-1 jam tergantung keparahan kondisinya.

ronsen panoramic untuk mengetahui posisi gigi bungsu / gigi impaksi

 

2 Replies to “Operasi gigi bungsu”

  1. ira susanti 3 tahun ago

    Terima kasih penjelasanya dok, sangat membantu, dokter praktek dimana saja?

    1. sama2x kak ira susanti,,
      praktek purwokerto : RS Margono soekarjo (selasa-rabu), RS margono Geriatri (jumat), RS hermina (senin-jumat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *