fbpx
operasi gigi bungsu

Tahukah Anda tentang migrain atau pusing akibat gigi bungsu? Jenis sakit kepala ini, dapat disebabkan oleh beberapa hal dan sering dirasakan beberapa orang. Namun, tidak semuanya paham akan gejala yang ditimbulkannya.

 

Gejala Migrain atau Pusing Akibat Gigi Bungsu
Migrain atau Pusing akibat tumbuhnya gigi bungsu memiliki tanda-tanda yang ikut menyertainya. Dengan mengenali gejala-gejala tersebut, Anda akan lebih mudah mengetahui apakah sakit kepala penderita tersebut merupakan efek samping adanya gigi bungsu. Berikut tanda-tanda yang menyertai:
1. Bagian Leher Belakang Terasa Kaku

pusing akibat gigi bungsu
Pusing dan kaku/pegal leher akibat gigi bungsu

Berhati-hatilah apabila Anda merasakan gejala pusing atau migrain yang disertai dengan kakunya bagian leher belakang. Apalagi jika kedua rasa sakit tersebut terjadi dalam waktu bersamaan dan bergantian siklusnya. Karena hal tersebut dapat menjadi tanda adanya gigi bungsu pengganggu.
Gigi bungsu tersebut dapat dikatakan pengganggu karena tidak memiliki ruang atau tempat yang cukup di dalam mulut. Karena tumbuhnya cenderung terjadi belakangan setelah semua rapi dan rata.
Kakunya leher belakang dapat dihubungkan dengan keberadaan gigi karena saraf yang cenderung berdekatan. Jadi, jika kalian sedang mengalami migrain atau sakit kepala tak kunjung sembuh, maka coba periksa apakah ada si bungsu didalam mulut. Jika iya maka segera periksakan ke dokter.

2. Setelah Mengonsumsi Obat, Sakit Kepala tidak Kunjung Sembuh
Sakit kepala atau migrain yang tidak kunjung sembuh bisa jadi diakibatkan adanya pertumbuhan gigi bungsu di dalam mulut. Hal itu karena kurangnya ruang untuk tumbuh sehingga menekan syaraf lain didalamnya. Jangan menganggap remeh adanya pusing tersebut.
Apalagi jika diteruskan dan tidak diperiksakan atau mendapatkan penanganan lebih lanjut, maka akan beresiko tinggi migrain berkepanjangan. Hal itu dapat Anda lihat tandanya dengan mengonsumsi obat pereda sakit kepala, namun tidak membuahkan hasil.

migren akibat gigi bungsu
Pusing tidak kunjung sembuh akibat gigi bungsu

Maka, sangat perlu untuk memeriksa kesehatan gigi dan mulut apabila Anda mengalami migrain atau pusing. Tentunya bukan lagi menjadi rahasia umum, bahwa si bungsu dapat tumbuh pada rentang usia berapapun. Biasanya pertumbuhannya telat dan sering terjadi pada 25 tahunan.

3. Gusi Terasa Ikut Nyeri ataupun Bengkak
Perlu meneliti apa yang sedang terjadi pada tubuh Anda sendiri. Apabila gusi mengalami pembengkakan dan bebarengan dengan migrain atau pusing dikepala tidak kunjung reda, hal itu dapat dijadikan sebagai salah satu tanda.
Dapat menjadi sebuah tanda lain yaitu, ketika gusi tidak bengkak namun sering terasa nyeri sehingga membuat aktivitas menjadi terganggu. Hal ini perlu diwaspadai apalagi hal itu dirasakan bersamaan dengan migrain kepala. Bisa jadi menjadi tanda umum tumbuhnya gigi bungsu.

Gusi bengkak akibat gigi bungsu

Gejala tubuhnya gigi bungsu diantaranya ialah dapat menyebabkan migrain atau pusing dan disertai dengan bengkak atau nyerinya gusi. Seringkali tanda-tanda kecil tersebut terabaikan begitu saja. Padahal apabila Anda lebih teliti, maka dapat mendeteksi sakit kepala berkepanjangan lebih dini.
4. Nyeri Menyebar Ke Area Mata, Telinga, dan Pipi
Migrain atau pusing yang diakibatkan oleh tumbuhnya gigi bungsu, bukan hanya dapat membuat gusi terasa nyeri dan bengkak. Ataupun leher menjadi terasa lebih kaku. Namun, juga membuat rasa sakit tersebut menjalar atau menyebar ke area-area lainnya.
Area yang dimaksud ialah bagian mata, telinga, dan pipi yang terasa nyeri mengiringi migrain atau sakit kepala Anda. Jika hal itu terjadi dan dirasakan, maka tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter gigi untuk memeriksa apakah ada masalah disitu.
Karena bila hal itu terjadi, terkadang diakibatkan adanya pertumbuhan gigi bungsu yang kurang tempat. Sehingga membuatnya menekan syaraf-syarah di area mulut dan kepala, sehingga memberikan efek pusing dan beberapa lainnya di berbagai area tersebut.
5. Rahang Sering Terasa Pegal
Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa akhir-akhir ini merasakan migrain atau pusing berkepanjangan yang disertai dengan rahang sering terasa pegal. Padahal tidak sering melakukan kunyahan atau rutinitas berhubungan dengan rasa kurang nyaman atau capek tersebut.
Tanda ini mungkin Anda anggap sedikit aneh. Namun, banyak orang mengalami pertumbuhan gigi bungsu yang tidak memiliki cukup tempat di mulutnya. Dengan begitu, bisa mengakibatkan migrain atau pusing berkepanjangan dan area rahang terasa lebih sering pegal.
Jangan khawatir jika Anda memiliki kedua keluahan tersebut. Coba periksakan diri Anda ke dokter gigi terdekat untul mengetahui apakah benar hal itu diakibatkan tumbuhnya gigi bungsu? Dengan mendapati penyebab yang tepat, akan mudah untuk memberikan pengobatan.
6. Gigi tanpa Disadari lebih sering terasa Ngilu
Apabila Anda pernah merasakan ngilu pada gigi, padahal terlihat sehat dan jarang mengonsumsi gula ataupun makanan serta minuman lain yang berpotensi merusak gigi. Tumbuhnya si bungsu pada tempat sempit di mulut dapat dicurigai.
Coba cek dengan menggunakan cermin secara pribadi, namun hal tersebut tidak dapat diterapkan apabila calon gigi bungsu masih berada di dalam gusi tunasnya sehingga harus di rontgen oleh ahlinya. Tidak ada salahnya apabila Anda mencoba membawanya ke dokter gigi.

pusing akibat gigi bungsu
Nyeri akibat gigi bungsu

Terlebih jika gigi yang ngilu tersebut juga diiringi oleh sakit kepala berkepanjangan dan tak kunjung sembuh padahal telah diobati. Jangan khawatir berlebihan, karena hal itu biasa terjadi di rentang usia berapapun. Tetap fokus cari penyebab utama, dan mulailah menyembuhkan dengan benar.
7. Area Telinga sering Berdenging
Migrain atau pusing akibat gigi bungsu bisa jadi memiliki tanda lain yang menyertai seperti area telinga sering berdenging. Apabila hal tersebut tidak pernah terjadi, namun setelah Anda sakit kepala berkepanjangan lalu timbul masalah itu, waspadalah.
Karena ditakutkan apabila tidak mengetahui masalah yang tepat penyebab migrain, akan salah memberikan formula penanganan. Pemberian obat juga menjadi nihil apabila tidak tepat sasaran.
Coba amati kesehatan diri dan lebih care dalam memelihara tubuh Anda. Amati berbagai gejala yang mungkin timbul, karena tumbuhnya gigi bungsu dapat menyebabkan migrain dan sakit kepala. Selain kedua hal tersebut juga diiringi oleh tanda lainnya.
8. Area Pundak sering terasa Pegal dan Lelah Berkepanjangan
Seperti yang telah diulas sebelumnya bahwa pusing atau migrain dapat diakibatkan oleh tumbuhnya gigi bungsu. Maka, meskipun telah mendapatkan penanganan seperti pemberian obat-obatan sakit kepala tetap tidak memperoleh kesembuhan.
Tentunya hal itu dikarenakan pengetahuan terhadap sumber sakit atau penyebab yang kurang tepat. Apabila rasa migrain atau gejala lain tersebut ternyata disebabkan oleh adanya pertumbuhan gigi bungsu, maka harus membenahi hal tersebut bukan lainnya.
Gejala lain pengiring migrain atau pusing yang diakibatkan oleh tumbuhnya gigi bungsu yaitu area pundak terasa pegal dan menjadi cepat lelah. Hal ini bisa terjadi karena keberadaan syaraf selalu berhubungan satu dengan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *