fbpx
implan gigi

Kenali Apa Itu Implant Gigi

 

Implant gigi mungkin masih menjadi pilihan favorit kebanyakan orang yang memiliki permasalahan pada gigi nya, baik ompong atau bahkan gigi yang patah. Bagi Anda yang memiliki permasalahan sama mungkin pembahasan kali ini bisa bermanfaat, mari kita simak bersama.

Implant ini sendiri akan ditanamkan pada rahang yang kemudian setelah beberapa bulan waktu pemasangan akan menyatu dengan tulang. Pemasangan implant gigi ini sendiri memiliki fungsi sebagai pengganti akar dari gigi yang hilang dan juga sebagai penahan gigi pengganti.

Selain kuat kelebihan implant sendiri adalah gigi palsu yang ada akan terlihat lebih natural karena lebih stabil dan tentunya bisa berdiri sendiri tidak seperti gigi palsu biasanya.

Tahapan Pemasangan Implant gigi

Kebanyakan bahan yang digunakan adalah dari titanium, selain lebih kuat bahan ini juga lebih mudah menyatu dengan tulang, bahkan dalam beberapa bulan pemasangan implant sudah menyatu dengan sempurna.

Berikut ini ada beberapa tahapan yang harus Anda jalani apabila hendak memasang implant pada gigi baik yang ompong ataupun lainnya.

  1. Konsultasi

Tentunya sebelum memutuskan untuk menggunakan implant, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada pihak dokter gigi. Tentu saja dokter akan memeriksa kondisi tempat Anda akan memasang implant tersebut, apakah bisa atau tidak.

Biasanya apabila pemasangan sudah disetujui oleh kedua belah pihak dokter akan melakukan test rontgen, CT scan ataupun panoramic film guna menentukan apakah rahang anda dalam keadaan sehat dan bisa untuk dipasangi implant atau tidak.

Selain itu Anda juga perlu menjelaskan apakah memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti jantung atau kondisi medis lainnya. Tentunya riwayat kesehatan Anda harus dijelaskan secara terbuka guna mengurangi dan juga menghindari resiko pasca operasi.

  1. Proses Pemberian Obat Bius

Dalam dunia medis sendiri obat bius terbagi menjadi tiga yakni obat bius lokal, sebagian dan juga total yang tentunya digunakan pada kondisi yang berbeda. Tentunya setelah melihat riwayat kesehatan dan konsultasi pasien dokter bisa menentukan mana obat bius atau anestesi yang hendak digunakan.

  • Anestesi Lokal

Obat bius yang ada akan langsung dimasukan melalui suntikan pada bagian yang hendak dilakukan operasi, pada kasus ini yakni gusi yang berlokasi paling dekat. Bius lokal ini akan menyebabkan mati rasa pada bagian yang diberikan suntikan, sehingga pasien tidak akan merasakan sakit ketika operasi sedang berlangsung.

Meskipun mati rasa namun pasien masih sadar sepenuhnya, sehingga apabila ada tekanan tertentu pada lokasi operasi maka si pasien akan merasakannya. Bius lokal ini memang yang paling banyak digunakan, karena menurut penelitian pasien yang sadar selama operasi lebih baik ketimbang yang tidak sadar tentunya.

  1. Proses Pemasangan Implant Gigi

Setelah obat bius diberikan dokter akan memulai pemasangan implant, baik dengan mencabut gigi terlebih dahulu ataupun melakukan pengeboran pada lokasi yang telah ditentukan.

Setelah gusi berlubang maka dokter akan memasang implant yang terbuat dari titanium, yang mana merupakan salah satu bahan yang kuat dan cepat menyatu dengan tulang manusia. Anda akan merasakan nyeri dan sakit pada lokasi implant dipasang, selain itu pipi Anda juga akan bengkak yang tentunya merupakan efek pasca operasi.

Untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak yang ada Anda bisa mencoba mengompresnya menggunakan es yang dibalut dengan kain lap bersih. Sifat es yang dingin mampu mematikan respon syaraf sakit sementara waktu, sehingga Anda tidak akan merasakan sakit.

Kelebihan Implant Gigi

Pada kenyataanya banyak pasien yang sukses menjalani pemasangan implant dan tentunya tanpa adanya permasalahan yang berarti. Selalu ikuti apa yang dokter anjurkan guna pemulihan pasca operasi yang sempurna.

  • Lebih mudah digunakan untuk mengunyah makanan, karena tidak bergeser seperti halnya gigi palsu
  • Lebih nyaman
  • Implan gigi murah ebih natural seperti halnya gigi asli
  • Bisa dipasang tanpa harus mengganggu gigi yang sudah ada
  • Lebih awet dan tahan lama ketimbang gigi palsu biasa
  • Perawatan lebih mudah karena tidak perlu lepas pasang selayaknya gigi palsu. Anda cukup menyikatnya saja bersamaan dengan gigi asli.

Itulah pembahasan kali ini mengenai implant gigi, bagi Anda yang hendak memasangnya mungkin dengan adanya artikel ini bisa menambah pengetahuan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *