fbpx
infeksi gigi

Infeksi Gigi yang Dapat Menyebabkan Kematian

infeksi gigi
infeksi gigi

Terkadang orang masih menyepelekan untuk menjaga kesehatan gigi mereka. Padahal kesehatan pada ruang mulut ini harus selalu diperhatikan, agar tidak terjadi infeksi gigi / abses gigi yang dapat menyebabkan kematian.

Apakah kalian tahu, bahwasannya menjaga kesehatan gigi itu sangat diperlukan. Melalui beberapa penelitian, Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan tingkat kesehatan gigi yang lumayan buruk. Setiap tahunnya pasti ada saja orang yang mengalami gangguan pada gigi mereka, dan bahkan tidak sedikit juga yang mengalami kematian akibat kurangnya memperhatikan gigi mereka.

Penyakit Berbahaya Akibat Kurangnya Menjaga Kesehatan Gigi

Gigi sendiri tentunya memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan sehari – hari, dengan memiliki gigi yang sehat Anda bisa leluasa memakan makanan yang di sukai. Begitu pula apabila Anda kurang atau bahkan tidak memperdulikan kesehatan dari gigi Anda sendiri, berikut ini ada beberapa masalah yang timbul, bahkan terjadi infeksi gigi / abses gigi yang dapat menyebabkan kematian.

  1. Timbulnya Nyeri Pada Gigi

Dengan tidak menjaga kesehatan gigi, tentunya penyakit pertama yang muncul ialah gigi berlubang. Gigi berlubang sendiri diakibatkan karena kurangnya perawatan pada gigi, sehingga lambat laut tergerus akhirnya timbul lubang pada gigi.

infeksi gigi
infeksi gigi

Semakin lama dibiarkan lubang yang ada pada gigi ini bisa bertambah besar, sehingga kemudian timbul nyeri. Nyeri pada gigi berlubang kadang muncul kadang tidak, namun makin lama dibiarkan bisa menjalar kebagian lainnya di kepala.

Nyeri yang diakibatkan oleh gigi berlubang ini tentunya sangat mengganggu, bahkan tidak hanya saat makan saja, saat melakukan kegiatan sehari – haripun akan sangat terganggu. Kadar nyeri yang dibiarkan juga akan mempengaruhi kepribadian orang itu sendiri dan yang paling telihat adalah mudah marah, bahkan untuk hal – hal kecil sekalipun.

  1. Munculnya Penyakit Pada Gusi

Gigi berlubang yang dibiarkan cukup lama tentunya juga akan menyebabkan beberapa penyakit pada gusi. Gingivitis merupakan peradangan pada gusi dengan gigi berlubang, yang kemudian menjalar ke daerah gusi lainnya.

infeksi gigi
infeksi gigi

Penyakit yang satu ini di tandai dengan gusi yang menjadi merah, bengkak dan bahkan mudah berdarah saat menggosok gigi ataupun sekedar disentuh. Apabila tidak cepat ditangani maka akan timbul peradangan yang lebih parah, yakni Periodontitis. Pada fase ini peradangan yang disebabkan oleh gigi berlubang juga mulai menjalar dan merusak jaringan lunak dan juga tulang penyangga gigi.

Apabila Anda mengalami peradangan gigi atau bahkan sudah infeksi cepatlah konsultasi kepada dokter, karena infeksi ini sudah masuk golongan yang cukup parah untuk sekedar penyakit gigi berlobang biasa.

  1. Terpengaruhnya Struktur Rahang

Gigi berlobang yang dibiarkan cukup lama akan mempengaruhi baik itu gigi maupun gusi yang ada disekitarnya. Dengan demikian gigi berlubang yang sudah parah akan menggeser dan juga mempengaruhi struktur gigi yang sudah ada dan akhirnya mempengaruhi struktur rahang.

Bergesernya struktur gigi maupun rahang yang ada tentunya merupakan akibat yang timbul karena infeksi gigi berlubang yang susah menyerang bagian gusi maupun bagian tulang rahang.

  1. Abses atau Kantong Nanah

Berikutnya adalah timbulnya abses atau kantung nanah, pada fase ini infeksi yang disebabkan oleh gigi berlubang sudah mempengaruhi dan menyebar ke jaringan lunak dari pulpa gigi, mulut bahkan rahang.

infeksi gigi
infeksi gigi
infeksi gigi
infeksi gigi

Adanya abses gigi ini disebabkan oleh banyaknya bakteri yang berkumpul di dalam mulut, sehingga menimbulkan rasa sakit yang sangat menyiksa. Anda bisa mencoba mengonsumsi obat penghilang nyeri untuk sementara hingga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah akibat gigi berlubang tersebut.

  1. Memicu Penyakit Jantung

Mungkin Anda penasaran mengapa kesehatan gigi yang buruk dapat memicu penyakit jantung. Di beberapa penelitian membuktikan bahwa kesehatan gigi yang buruk dapat menimbulkan penyakit jantung, hal ini karena bakteri yang menumpuk di dalam mulut masuk ke aliran darah dan menyebabkan infeksi pada otot jantung.

Dengan adanya penelitian tersebut masyarakat harusnya lebih sadar akan pentingnya memperhatikan dan juga menjaga kesehatan gigi dan ruang mulut.  Penyakit jantung sendiri memang bisa disebabkan oleh banyak fakor, dan salah satunya yang mungkin masih jarang didengar adalah gigi berlubang.

  1. infeksi gigi
    infeksi gigi

    Timbulnya Penyakit Stroke

Kondisi kesehatan gigi dan mulut yang tidak terjaga dapat menimbulkan penyakit jantung, selain itu penelitian juga membuktikan bahwa juga dapat memicu timbulnya penyakit stroke. Sama halnya dengan penyakit jantung, bakteri yang menumpuk pada gigi maupun rongga mulut yang tidak dijaga akan menyumbat peredaran darah yang meuju otak.

Dengan adanya penyumbatan tersebut maka kadar darah yang harusnya mengalir ke otak akan terhambat, sehingga timbulnya penyakit stroke.

Gigi Berlubang Dapat Menimbulkan Berbagai Penyakit Hingga Kematian

Kesehatan gigi yang buruk akan menimbulkan munculnya lubang yang ditandai dengan adanya perubahan pada gigi itu sendiri. Gigi yang tidak sehat akan timbul warna hitam, abu – abu ataupun coklat yang bisa berupa titik ataupun garis.

Semakin lama dibiarkan dan tidak diobati maka lapisan pulp pada gigi akan mengalami infeksi dan membentuk abses di sekitaran tulang gigi. Dengan kondisi yang demikian penderita akan mengalami rasa sakit yang berkepanjangan dan juga demam.

Menangani Gigi Berlubang

Mencegah lebih baik daripada mengobati, hal itu juga yang Anda harus terapkan pada kesehatan gigi ataupun kesehatan organ lainnya. Rutin menyikat gigi setiap hari merupakan salah satu yang dapat mencegah timbulnya penyakit gigi maupun rongga mulut, selain itu Anda juga bisa rutin memeriksakannya setiap enam bulan sekali.

Apabila gigi Anda sudah terlanjur berlubang, sesegeralah berkonsultasi pada dokter gigi. Dokter gigi akan melakukan penambalan pada gigi berlubang yang masih tergolong awal, namun apabila sudah parah, Anda diharuskan mencabutnya,

Dengan menunda mencabut gigi berlobang yang sudah parah, akan mempengaruhi kesehatan gigi lainnya dan juga rongga mulut, sehingga penyakit – penyakit pada poin diatas akan timbul.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *