fbpx
Tak Berkategori

Apakah Anda mengetahui apa itu gigi bungsu? Atau merasakan sakit ketika dia mulai bertumbuh? Sebenarnya apa penyebabnya? Pamahaman sejak dini memang dibutuhkan untuk menambah informasi bukan sekedar gambaran semata.

Pengertian dan Fungsi Gigi Bungsu

Gigi bungsu merupakan salah satu dari macam geraham yang tumbuh paling terakhir dan belakang. Manusia memiliki 3 pasang molar di setiap rahang dan untuk jenis ini, biasanya mulai bertumbuh ketika Anda berusia 17 sampai 25 tahun (pada masa remaja).

pusing akibat gigi bungsu
Gigi bungsu

Gigi bungsu memiliki nama lain atau bisa disebut dengan wisdom teeth. Hal ini mungkin karena tumbuhnya pada usia remaja dan waktu itu sedang hangat-hangatnya tumbuh “kebijaksanaan” pada diri setiap manusia.

Hampir sama seperti jenis geraham lainnya, empat gigi bungsu memiliki fungsi untuk mengunyah makanan dengan lembut. Namun juga berperan untuk mencegah keausan serta dapat berguna sebagai penyeimbang atau penyelaras tatanan struktur dalam gusi.

Tanda-tanda Apabila Gigi Bungsu Muncul

Untuk Anda yang menantikan kehadiran si wisdom teeth ini, jangan khawatir. Terdapat beberapa gejala atau tanda-tanda kemunculannya. Namun perlu bersiap-siap, karena akan menimbulkan perasaan sakit dan kurang nyaman. Berikut adalah uraiannya:

  1. Gusi Membengkak

Ciri pertama kemunculan dari si wisdom teeth adalah membengkaknya gusi. Hal ini karena adanya ketidakcocokan antara ukuran rahang dengan calon gigi yang akan tumbuh, sehingga bisa menyebabkan impaksi.

Selain itu, membengkaknya gusi juga bisa diakibatkan karena calon gigi berusaha keluar dari gusi, maka kemudian akan menimbulkan rasa sakit yang kemudian timbul bengkak. Selain itu, kuman bisa masuk dan menimbulkan infeksi.

  1. Nyeri pada Gigi

Hal selanjutnya yang dapat diakibatkan karena kemunculan dari wisdom teeth adalah nyeri pada gigi. Saat mulai tumbuh, gigi akan merobek gusi sehingga akan menyebabkan nyeri. Selain itu, ruang yang tidak cukup untuk tumbuhnya juga menyebabkan rasa sakit.

migren akibat gigi bungsu
Pusing akibat gigi bungsu

Tapi tenang saja, rasa nyeri karena tumbuhnya wisdom teeth ini bisa hilang seiring waktu berjalan. Namun ketika Anda merasa parah, bisa segera mengatasinya sendiri menggunakan berbagai cara sederhana atau konsultasi dengan dokter gigi.

  1. Bau Mulut

Ciri-ciri selanjutnya dari kemunculan wisdom teeth adalah bau mulut yang bahkan bisa berlebihan. Hal ini karena dengan adanya pertumbuhan belum sempurna dari gigi tersebut, beberapa sisa makanan dapat terperangkap pada gusi bagian belakang.

Bau mulut
Bau Mulut

Kemudian dari sisa makanan tersebut dapat membusuk dan menyebabkan bau mulut. Selain itu, kuman dan bakteri yang masuk dapat turut berkontribusi untuk memperparah keadaan. Bahkan bisa mengakibatkan infeksi pada gigi.

  1. Rasa Tidak Nyaman saat Makan dan Minum

Selain keempat masalah di atas, tumbuhnya wisdom teeth juga bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman saat makan. Hal ini karena ketika tumbuh, dapat mengakibatkan nyeri yang hebat. Ketika mengunyah, tentu akan terasa sakit ketika terkena makanan.

Selain itu, dengan adanya gigi bungsu, sisa makanan berpeluang lebih banyak tertinggal di gusi. Hal ini tentunya akan mengakibatkan rasa tidak nyaman saat makan, karena sering merasa terdapat selilit yang mengganjal.

Apakah Gigi Bungsu Harus di Cabut?

Dengan gejala munculnya yang menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman, pasti Anda bertanya-tanya. Apakah gigi bungsu harus di cabut agar tidak lagi menyakiti mulut? Tapi tunggu dulu, sebelum melakukan tindakan ini perlu diperhatikan beberapa aspek penting lainnya.

Pertama. Jika saat pertumbuhannya gigi tidak menimbulkan rasa nyeri, maka Anda tidak perlu repot-repot untuk mencabutnya. Pilihan mencabut ini jika terjadi beberapa hal yang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman serta sakit.

Kedua. Ketika tumbuhnya wisdom teeth dapat mengakibatkan pembengkakan, infeksi pada gusi, terjadi kerusakan pada tulang atau gigi lain, maka perlu dilakukan pencabutan. Selain itu, jika sering menyebabkan sisa makanan terselip dan menimbulkan bau mulut berlebih, segera lakukan tindakan.

Cara Mengatasi Nyeri Karena Gigi Bungsu

Ketika sakit melanda, sebelum terburu-buru mencabut gigi bungsu, coba untuk mengatasinya sendiri. Ternyata langkah-langkah untuk meredakan rasa nyerinya cukup mudah, mulai dari obat kumur sampai minyak kelapa. Berikut adalah uraiannya:

  1. Gunakan Obat Kumur

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa nyeri karena tumbuhnya gigi bungsu yaitu dengan menggunakan obat kumur. Gunakan yang memiliki kandungan chlorhexidine agar bisa mengurangi rasa sakit akibat peradangan gusi.

Anda bisa menggunakannya setiap hari. Cukup kumur dengan obat kumur beberapa menit saja, lalu buang. Selain untuk mencegah adanya nyeri, bisa membantu menghilangkan kuman akibat sisa makanan yang tersisa di sekitar gigi bungsu sehingga tidak menyebabkan infeksi.

  1. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam juga dapat menjadi alternatif mengatasi rasa nyeri karena tumbuhnya gigi bungsu secara alami. Hal ini untuk membersihkan bakteri atau kuman di sekitar mulut dan cairan yang menyebabkan pembengkakan pada gusi.

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Anda tinggal melarutkan garam secukupnya pada secangkir air hangat. Kemudian berkumur dengan itu, dijamin rasa sakit akan berkurang dan tidak terganggu lagi ketika melakukan aktivitas. Penggunaannya bisa beberapa kali dalam sehari jika perlu.

  1. Kompres dengan Es

Mengompres pipi dengan es juga bisa mengurangi rasa nyeri, peradangan dan bengkak akibat tumbuhnya gigi bungsu. Hal ini karena dengan mengompresnya, dapat menyebabkan mati rasa, sehingga sakit hilang. Air panas sangat tidak disarankan untuk digunakan sebagai pengganti.

Anda hanya perlu mengompresnya sekitar 15 sampai 20 menit di pipi atau rahang yang bertepatan dengan tempat gigi bungsu. Kemudian diulangi beberapa kali dalam sehari, maka rasa sakit dan nyeri bisa dikurangi dan segera hilang.

     4. Gunakan Obat Pereda Nyeri

Cara terakhir yang dapat disarankan untuk meredakan nyeri karena tumbuhnya gigi bungsu adalah dengan menggunakan obat pereda nyeri. Namun pastikan rasa sakit begitu hebat sehingga tidak bisa diatasi dengan alternatif sebelumnya.

Sebelum membeli, Anda bisa mengonsultasikan kepada dokter. Biasanya obat yang digunakan mengandung paracetamol atau ibuprofen. Selain itu, antibiotik bisa diberikan untuk mempercepat penyembuhan dari infeksi pada gigi.

Demikian ulasan terkait gigi bungsu, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *