fbpx
bedah ortodontik operasi gigi bungsu

Pada masa kini penampilan fisik dan senyum bagi masyarakat menjadi salah satu faktor penting untuk meningkatkan kualitas hidup. Penampilan fisik yang baik dapat meningkatkan psikososial seseorang dalam masyarakat. Keadaan gigi yang tidak rapi dan berjejal mempengaruhi senyum seseorang dan mengakibatkan berkurangnya daya tarik. operasi gigi impaksi merupakan salah satu cara untuk dapat merapikan gigi yang berjejal.

operasi gigi impaksi
Operasi gigi impaksi untuk membuka jalan buat gigi yang impaksi

Kurangnya ruang untuk gigi impaksi untuk tumbuh seringkali menyebabkan terjadinya gigi berjejal, oleh karena itu gigi impaksi memerlukan disediakannya ruang yang cukup untuk dapat tumbuh dengan normal.

Operasi exposure gigi impaksi untuk mempermudah pertumbuhan gigi taring
Operasi exposure gigi impaksi untuk mempermudah pertumbuhan gigi taring

operasi exposure gigi impaksi, merupakan operasi bedah ortodontik untuk membuka gigi yang impaksi kemudian menggerakkannya ke dalam lengkung gigi dengan alat ortodontik/kawat gigi.
Perawatan gigi impaksi dapat ditangani dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti

  1. Umur pasien
    Umur terbaik pasien untuk dilakukan exposure gigi adalah anak sampai remaja, semakin bertambahanya umut impaksi gigi cenderung untuk berkembang menjadi ankilosis yang menyebabkan tidak memungkinnya gigi untuk bergerak ke lengkung normal rahang.
  2. Riwayat gigi pasien
    Riwayat truma gigi pada pasien saat periode gigi decidui dapat menyebabkan kerusakan pada benih gigi permanen sehingga menyebabkan deformasi dan displacement, selain itu prematur loss dari gigi decidui akibat trauma gigi dapat menyebabkan erupsis gigi permanen tertunda karena jaringan fibrous tebal ataupun tulang di sekitar jalan tumbuh gigi permanen
  3. Kebersihan mulut
    Exposure gigi dengan kombinasi terapi ortodontic gigi impaksi kontraindikasi pada pasien yang mengalami rampan kasien serta kebersihan mulut yang buruk.
  4. Kedalaman impaksi
    Impaksi gigi dengan posisi yang terlalu dalam menyebabkan sulitnya dilakukan eksposure gigi dan perawatan ortodontik.
  5. Estetika
    Pertimbangan estetika perawatan gigi impaksi merupakan salah satu pertimbangan dalam pengambilan keputusan perawatan gigi impaksi, gigi kaninus merukapan kunci estetika rahang atas. Kaninus juga merupakan komponen utam yang membentuk smileline. Eskposure gigi dengan atau tampa perawatan ortodontik dapat dilakukan untuk kepentingan ini
impaksi gigi menyebabkan gigi berjejal/tidak rapi
                                                                    impaksi gigi menyebabkan gigi berjejal/tidak rapi
                                               pencabutan gigi susu/anak yang menghalangi pertumbuhan gigi impaksi
gigi impaksi terlihat
pemasangan kawat gigi pada gigi impaksi
satu minggu setelah operasi
satu bulan setelah operasi, gigi sudah terlihat tumbuh

Operasi gigi impaksi dengan teknik exposure merupakan operasi yang dapat dilakukan oleh dokter bedah mulut dan maksilofasial yang bekerjasama dengan dokter spesialis ortodonsi. Dokter bedah mulut bertuga untuk membuka ruangan gigi impaksi untuk tumbuh, sedangkan dokter ortodontis menggerakan gigi dengan kawat gigi. Operasi ini merupakan operasi minor yang dilakukan di poli/klinik gigi. Untuk informasi dan konsultasi dapat klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *